Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat File Sharing Dengan Samba Di Ubuntu 16.04

 
samba
Cara Membuat File Sharing Dengan Samba Di Ubuntu 16.04 - Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network SMB (Service Message Block). SMB adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Jadi dengan menggunakan software tersebut kita bisa membuat file sharing dari sistem operasi ubuntu ke windows. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Sebelum menginstall samba, Update Ubuntu terlebih dahulu dengan perintah sebagai berikut pada terminal:
   sudo apt-get update
INSTALL SAMBA
  1. Buka terminal pada ubuntu (ctrl+alt+t)
  2. Ketikan sudo su lalu masukan password user untuk masuk ke mode root masuk-root
  3. Install Samba dengan mengetikan perintah berikut:
    sudo apt-get install samba samba-common
  4. Setelah proses installasi selesai, backup dulu konfigurasi default samba untuk jaga-jaga supaya nanti kalo ada kesalahan untuk restorenya lebih gampang. catatan: step ini bisa langsung dilewati.
    mv /etc/samba/smb.conf /etc/samba/smb.conf.bak
  5. Setelah backup buka file konfigurasi samba dengan perintah
    gedit /etc/samba/smb.conf
  6. Maka akan terbuka jendela gedit, pada file ini kita akan menambahkan konfigurasi  untuk samba. lakukan konfigurasi seperti pada gambar berikut: smb-conf-workgroup

MEMBUAT SHARING SAMBA
Samba menyediakan layanan dengan User-Mode dan Gues-mode (Anony Mode).  Perbedaan antara kedua mode tersebut adalah sebagai berikut :
  • User Mode : merupakan mode yang hanya dapat mengizinkan user tertentu yang dapat mengakses file yang kita sharing / bagikan.
  • Guest-Mode (Anony Mode) : merupakan mode yang mengizinkan semua user / pengguna untuk mengakses semua file yang kita sharing.
  1. Membuat Layanan Samba dengan Mode Guest-mode ( Anony Mode ):
  • Buatlah sebuah folder yang akan kita sharing, sebagai contoh saya akan membuat sebuah folder dengan nama Bagi1 di home. make-bagi1
  • Setelah direktori dibuat, pastikan untuk mengubah kepemilikan itu kepada siapa pun. Hal ini memungkinkan setiap orang untuk memiliki akses ke sana. Untuk melakukan itu, jalankan perintah di bawah ini. 
    chown nobody:nogroup /home/aji/Bagi1/ 
    chmod 777 /home/aji/Bagi1/
  • Aktifkan samba share untuk direktory Bagi1 dengan cara menambahkan perintah berikut pada terminal  gedit /etc/samba/smb.conf . Tambahkan perintah berikut paling bawah:
    [Bagi1]
        comment = this ubuntu file share server
        path = /home/aji/Bagi1
        browsable = yes
        guest ok = yes
        read only = no
        create mask = 0755
  • Restart Service samba dengan perintah
    sudo service smbd restart
  • Sampai tahap ini saya kira untuk konfigurasi Guest-mode sudah selesai, sekarang coba cek file sharing anda melalui jaringan. 
    Tutorial Configurasi IP Address Pada Sistem Operasi Linux Ubuntu

    Source: http://www.ilmu-komputer.xyz/2016/05/tutorial-configurasi-ip-address-pada.html
    Disalin dari ILMU TEKKOM - Catatan seputar komputer.x
    Tutorial Configurasi IP Address Pada Sistem Operasi Linux Ubuntu

    Source: http://www.ilmu-komputer.xyz/2016/05/tutorial-configurasi-ip-address-pada.html
    Disalin dari ILMU TEKKOM - Catatan seputar komputer.
    Tutorial Configurasi IP Address Pada Sistem Operasi Linux Ubuntu

    Source: http://www.ilmu-komputer.xyz/2016/05/tutorial-configurasi-ip-address-pada.html
    Disalin dari ILMU TEKKOM - Catatan seputar komputer.
  • Pastikan kedua komputer telah terhubung, kita asumsikan (IP Windows 192.168.28.1 dan IP Ubuntu 192.168.28.2) sudah saling terhubung
  • Pada komputer dengan OS windows. Ketikan pada address bar di exploler \\192.168.28.2 (IP Address Ubuntu) share-Guest-mode
  • Jika berhasil maka akan terlihat folder yg telah kita share dari ubuntu
  • Selain dengan perintah diatas untuk mode User-Mode kita dapat langsung mensharing foldernya dalam bentuk GUI, caranya klik kanan pada folder yg akan disharing > Local Network Share > Centang semua kotak pilihan > Create Share.share-ubuntu-windows
  • Maka pada folder tersebut akan ada tanda pana seperti gambar berikut folder-sharing Sekarang coba cek file sharing tersebut pada windows.
.
     2.   Membuat Layanan Samba dengan Mode User-Mode
  • Buat dahulu folder yang akan kita share dengan mode User-mode yang artinya hanya orang tertentu saja yang dapat membuka folder ini., sebagai contoh saya akan membuat sebuah folder / directory Bagi2 di homemake-bagi2
  • Setelah itu mari kita buat user khusus pada ubuntu kita yang nantinya akan kita berikan hak akses untuk dapat mengakses folder Bagi2 dengan perintah berikut: (username nya adalah komdat)
    useradd komdat
  • Kita buat nama group untuk kita gunakan sebagai user group yang nantinya akan dapat mengakses folder rahasia, sebagai contoh disini saya akan membuat dengan nama securedgroup dengan perintah berikut:
    sudo addgroup securedgroup
  • Tambahkan user komdat kedalam group securedgroup dengan perintah berikut:
    sudo usermod –a –G securedgroup komdat
  • Buatkan password samba untuk user komdat dengan perintah berikut:
    sudo smbpasswd –a komdat
  • Kemudian ubah hak akses folder rahasia hanya untuk member securedgroup dengan perintah berikut:
    chown nobody:nogroup /home/aji/bagi2/ 
    chmod 777 /home/aji/bagi2/
  • Ubah file konfigurasi samba di /etc/samba/smb.conf kemudian tambahkan perintah berikut (catatan: tambahkan perintah berikut paling bawah):
      [Bagi2]
          comment = this ubuntu file share server
          path = /home/aji/Bagi2
          browsable = yes
          valid users = @securedgroup
          guest ok = no
          read only = no
          create mask = 0755
       
  • Simpan dan keluar dari file smb.conf, setelah itu restart service samba.
    sudo service smbd restart
  • Sampai Tahap ini seharusnya anda sudah berhasil membuat file sharing samba dengan mode User-mode, silahkan cek melalui jaringan.
  • Pastikan kedua komputer telah terhubung, kita asumsikan (IP Windows 192.168.28.1 dan IP Ubuntu 192.168.28.2) sudah saling terhubung
  • Pada komputer dengan OS windows. Ketikan pada address di exploler \\192.168.28.2 (IP Address Ubuntu) share-user-modeKeterangan: untuk dapat mengakses folder Bagi2 user harus memasukan username dan password terlebih dahulu yg telah dibuatkan pada konfigurasi di ubuntu.
Demikianlah tutorial kita kalin tentang Cara Membuat File Sharing Dengan Samba Di Ubuntu 16.04, jadi dengan aplikasi samba yg telah kita install pada ubuntu memungkinkan kita untuk dapat mensharing folder ke komputer lain pada OS Windows. Terimakasih semoga bermanfaat.
Selamat Mencoba! Open-mouthed smile

4 comments for "Cara Membuat File Sharing Dengan Samba Di Ubuntu 16.04"

  1. gan kalau yang di sharing HDD partisi yang ke2 gmn caranya ya?? saya ngikuti tutor diatas work untuk yang folder2 di home saja, kalau untuk partisi sy yg lain tdk work,,

    ReplyDelete